Macam-macam bahan Kain Kebaya

Kini sesuai dengan perkembangan mode, kebaya tak lagi menggunakan bahan kain brokat, kain organdi, atau kain koal halus, bahan kebaya sekarang makin bervariasi mulai dari kain sifon, tule, maupun lace. Berikut beberapa bahan kebaya yang akan menjadi pilihan untuk menjahit kebaya.

Kain Kebaya Tile / Tulle
Kebaya yang terbuat dari bahan tulle dipadu dengan rok duyung berbahan sutera. Sangat sesuai dikenakan untuk acara undanga pernikahan, perayaan perkawinan dan lain-lain.

Kain Kebaya Lace atau Brokat

Kain kebaya lace dapat mengikuti bentuk tubuh kita, menyatu dengan kulit dan memberi kesan dingin, sehingga nyaman digunakan. Lace sendiri ternyata memiliki ribuan jenis, mulai dari lace Perancis, laceJepang, lace Korea, bahkan lace buatan Indonesia.Lace Perancis yang terkenal paling mahal dan paling tinggi kualitasnya masih terbagi lagi menjadi beberapa kelas. Harga kebaya pun bisa sangat beragam meski sama-sama menggunakan bahanlace. Dengan lace kualitas rendah mungkin Anda bisa mendapatkan kebaya hanya dengan Rp 1 juta. Sebaliknya dengan lace Perancis kualitas terbaik, kebaya Anda bisa mencapai nilai Rp 100 juta.

Kain Kebaya Organdi

Kesan formal masih dapat ditampilkan dengan kebaya berbahan organdi, selama dipadankan dengan kain. Akan tetapi tak jarang orang memadukan kebaya organdi dengan celana panjang, maka kesan yang timbul pun menjadi jauh lebih santai. Bahan organdi memiliki sifat ringan, kaku, tidak mudah berkerut dan tidak mengikuti bentuk tubuh. Bahan ini tidak dianjurkan untuk kebaya yang pas badan, tetapi kalau untuk kebaya yang sedikit loose, tidak masalah. Akan tetapi bahan organdi tidak dianjurkan untuk mereka yang berbadan agak besar karena akan menggelembung dan memberi kesan semakin besar.

Kain Kebaya Sutera

Kain sutera ada dua jenis yang pertama adalah serat alam dari kepompong ulat sutera dan satu lagi adalah sutera buatan. Karena sifatnya yang sangat lembut dan tahan lama, sutera menjadi pilihan untuk aneka macam busana. Kini pada kain sutera sudah banyak menggunakan corak batik tradisional untuk mempercantik tampilannya.

Kain Kebaya Sifon

Kain Sifon  adalah bahan yang sangat lembut, halus, transparan, dan jatuh mengikuti bentuk badan. Karena Sifatnya yang mengikuti bentuk tubuh, kain ini tidak disarankan untuk digunakan oleh orang yang berbadan gemuk karena akan terlihat sekali bentuk tubuh yang gemuk tersebut.

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di tips kebaya. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s