Memilih Warna Kebaya

Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan warna kebaya. Salah satunya adalah waktu. Terutama untuk kebaya pengantin, masalah waktu ini sangat berpengaruh. Bila pesta yang diadakan pagi atau siang, sebaiknya anda menggunakan warna-warna soft seperti off white atau broken white, kuning gading, beige, warna-warna pastel, atau dusty.

Sementara untuk pesta malam hari anda bisa menggunakan warna-warna yang lebih terang seperti ungu, merah atau merah marun. Apabila Anda mengenakan warna merah menyala pada pesta siang hari, dengan payet-payet memenuhi kebaya. Bayangkan betapa kehadiran Anda mampu membuat para tamu yang hadir memicingkan mata. Anda akan terlihat terlalu menyolok. Sementara bila menggunakan kebaya dusty pink untuk pesta malam hari, maka Anda akan tenggelam, tidak terlihat diantara gemerlapnya lampu. Mungkin Anda sempat berfikir untuk menggunakan swarovsky agar terlihat lebih menyolok. Anda memang akan terlihat lebih terang, berkilauan, tapi tetap saja warna kebaya Anda tidak terlihat, hanya kilau swarovskynya saja yang terlihat.

Tema acara juga menentukan pemilihan warna. Untuk akad nikah atau pemberkatan, umumnya orang Indonesia memilih warna putih karena melambangkan kesucian. Meski  demikian, dengan putih sebagai patokan, sebenarnya Anda masih bisa memilih silver, baby pink, bahkan abu-abu yang sangat muda.

Faktor penting lain yang mempengaruhi pemilihan warna adalah warna kulit. Anda yang memiliki kulit lebih terang tentu saja lebih beruntung karena memiliki pilihan yang lebih beragam. Dibandingkan mereka yang berkulit gelap atau kecoklatan, yang mana merupakan warna kulit kebanyakan wanita Indonesia. Meskipun kalau menurut Marga Alam, salah satu perancang kebaya, “Untuk mereka yang berkulit sangat gelap, sebenarnya belum tentu tidak pantas memakai warna menyolok, terkadang kulit gelap justru terlihat cantik bila memakai warna yang lebih bright.”

Namun kebanyakan wanita berkulit coklat, memang cenderung memilih warna aman, seperti warna kulit, warna-warna pastel, merah muda, peach. Warna-warna dusty seperti dusty pink juga kerap menjadi pilihan, seperti dikatakan Riny Suwardy yang juga perancang kebaya, “Warna dusty bisa menjadi pilihan untuk mereka yang berkulit gelap, karena cenderung memberi kesan bersih. Atau warna abu-abu dengan campuran payet akan terlihat lebih terang di kulit yang gelap.”

Pos ini dipublikasikan di tips kebaya. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s